19 Januari 2009

Penyelenggaraan PILKATE layaknya PILGUB

Pesta Demokrasi Lokal Sektor Gardenia RT 04 ini sangat menarik, dimana Panitia Pemilihan RT 04 ini begitu serius melakukan tugasnya dari penggarapan calon hingga proses pemilihan dikelola begitu sempurna layaknya PESTA DEMOKRASI Nasional… Hal ini patut ditiru oleh semua pihak bahkan… KPU?? Berikut laporannya :

Paradigma baru dalam perubahan sistem dan mekanisme pemilihan umum (Pemilu) di Indonesia tampaknya telah mengakar pula pada pemilihan kepala pemerintahan di level mikro (baca:ketua RT). Seperti yang terjadi di lingkungan RT 4 RW 7 kelurahan Tirtajaya sektor Gardenia GDC. Dalam upaya memilih ketua RT yang baru, layaknya pesta demokrasi telah berhasil menyelenggarakan pesta demokrasi tersebut dengan aman dan tertib tanpa ada tindakan yang mencoreng kesakralan pesta demokrasi tersebut.

Tanggapan positif yang dilontarkan warga seiring harapan positif untuk kelangsungan kehidupan kemasyarakatan di lingkungan RT 04 RW 07 Gardenia GDC. Selain dihadiri warga yang berduyun-duyun ke TPS dan menyaksikan acara penghitungan suara, Bapak RW 07 hadir pula menyaksikan. Walhasil, pesta demokrasi usai, dan harapan warga Blok R menjadi spirit bagi ketua RT terpilih serta pengurus barunya.

Ada hal menarik yang dapat kita ambil contoh dari pesta demokrasi di lingkungan RT 04 RW 07 Gardenia GDC, yaitu pola kerja panitia seakan memberi warna dalam pengelolaan pesta demokrasi tersebut. Berawal kerja dari pengumpulan /penjaringan bakal calon yang selanjutnya menjadi calon. Partisipasi masyarakat RT 04 RW 07 Gardenia GDC begitu antusias untuk menetapkan jagoan pilihannya. Hingga panitia menetapkan calon yang berjumlah lima orang yaitu Bapak Slamet sebagai ketua RT yang lama , Bapak Tondo, Sarno, Firman dan Pak Helmi.

Minggu, tanggal 18 Januari 2009 kemarin adalah hari dimulainya pencoblosan. Lokasi TPS yang bertempat di Bale Swakarya Blok R sejak pagi hari telah semarak dengan nuansa pesta demokrasi. Warga yang akan menyalurkan aspirasinya mulai berdatangan dari pukul 07.00, warga diberikan surat suara untuk dilakukan pencontrengan suara. Usai menetukan pilihannya warga memasukan surat suara ke kotak suara yang telah disediakan. Warga Pertama yang melakukan pencontrengan suara adalah Bapak Adil.

Batas akhir pencontrengan suara yaitu pukul 12.00 siang pas dimana warga terakhir yang mencontreng adalah Bapak Lukman dan istrinya yang nyontreng 10 menit sebelum batas waktu yang ditentukan, dengan total warga yang nyontreng adalah 106 warga dari 124 warga yang ada di Blok R.

Tahap selanjutnya adalah penghitungan Suara dengan hasil suara sebagai berikut : Pak Tondo 66 suara, Pak Sarno 17 suara, pa Firman 10 suara, Pak Helmi 7 suara dan terkakhir Pak Slamet dengan 6 suara. Selamat kepada Bapak Tondo yang menjadi Ketua RT 4 yang baru. Harapan seluruh warga RT 4 RW 7 yaitu dengan adanya Ketua dan kepengurusan baru, diharapkan ada perubahan ke arah yang lebih baik, demi terciptanya masyarakat yang madani. SEMOGA.

Tidak ada komentar: