16 Januari 2009

Wabah Itu Bernama "Gondong"

Dalam sebulan terakhir, warga Blok R Sektor Gardenia diserang wabah "Pembengkakan Kelenjar Gondok", orang Jawa sering menyebut dengan istilah "Gondongan". Jika dihitung, sudah ada 11 warga Blok R yang terserang penyakit ini, terdiri dari dewasa 4 orang dan anak-anak 7 orang. Dari situs Blog Dokter yang saya temukan, gondongan istilah kedokterannya adalah Parotitis. Sebagian besar penderita adalah anak-anak, walau penderita dari golongan dewasa tidak bisa dibilang sedikit. Penderita biasanya ada keluhan demam dan bengkak pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah.

Gondongan sendiri disebabkan oleh infeksi virus Paramiksovirus RNA yang ditularkan melalui percikan air ludah pembawa virus. Karena cara infeksi yang demikian mudah, maka penyakit Gondongan akan sangat mudah menyebar terutama di lingkungan yang padat. Sering kejadian pada anak anak sekolah, Gondongan diderita kompak satu kelas. Masa inkubasi atau masa sejak masuknya kuman ke dalam tubuh sampai timbulnya gejala adalah 18 hari. Namun hal itu pun tidak merupakan angka pasti, karena bila daya tubuh korban bagus malah tidak akan timbul gejala sama sekali.

Gejala dari Gondongan antara lain, demam, lemas, susah membuka mulut, pembengkakan pada kelenjar parotis di pipi, pada laki-laki dewasa juga bisa terjadi pembengkakan pada buah zakar, peradangan pada pankreas. Tapi tidak semua gejala bisa ditemukan pada penderita gondongan, apalagi kondisi badannya memang lagi bagus.

Pengobatan pasien gondongan sebenarnya tidak begitu spesifik seperti halnya infeksi virus yang lain. Pengobatan hanya untuk menghilangkan gejala. Diharapkan penyakit ini akan sembuh sendiri selama 3 sampai 4 hari.

Pengalaman saya yang pernah kena virus ini, jika terasa segera ke apotik terdekat, beli tablet dengan judul "Asam Mefenamat, Kaplet Salut Selaput 500 mg". Tablet ini hanya berfungsi untuk menghilangkan rasa nyeri, sehingga bisa tetap makan dan beraktivitas seperti biasa meskipun bengkak. Jika obat ini tidak ada, alternatifnya beli tablet "Fenamin, Mefenamic Asit 500" di apotik terdekat.

Jika terasa deman, beli sekalian tablet DAPYRIN sejenis paracetamol 500 mg. Tablet ini juga hanya untuk menghilangkan demam, karena Gondongan akan sembuh dengan sendirinya.

Bagaimana mencegah Gondongan? Kata tukang apotik sih menyarankan mengkonsumsi Garam Rendah Natrium berjudul: "LoSoSa (Low Sodium Salt)", yang dicampur di masakan seperti memberikan garam seperti biasa.

Pencegahan lainnya, searching sendiri di internet ya.. hehehe.. (Huda, Blok R).

Tidak ada komentar: