11 Maret 2008

Kendaraan warga wajib pakai stiker

Depok, Blogspot Gardenia – Dalam upaya mempersempit ruang gerak tindak kejahatan di lingkungan GDC-Gardenia, Pengurus RW 07 berencana mewajibkan kepada setiap pemilik kendaraan bermotor di lingkungan RW 07 GDC Gardenia untuk memasang stiker pada kendaraannya. Menurut data Sekretariat RW 07, jumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang ada di RW 07 mencapai lebih dari 175 unit.

Dengan jumlah kendaraan sebanyak itu, yang lalu lalang keluar masuk kompleks perumahan, hal itu perlu dilengkapi dengan identitas stiker. Dengan menggunakan stiker, para petugas keamanan akan lebih mudah melakukan pengecekan, apakah kendaraan yang masuk milik warga atau milik tamu.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi terhadap seluruh pemilik kendaraan bermotor di lingkungan RW 07 mengenai manfaat stiker,” ungkap Ketua RW 07 Toteng Sunandar. Lebih lanjut Toteng menjelaskan, penerapan wajib pasang stiker bagi setiap kendaraan milik warga RW 07 akan dilakukan secara bertahap, sambil melakukan sosialisasi kepada seluruh warga. “Kami tidak memiliki target waktu kapan kewajiban memasang stiker akan diberlakukan secara penuh. Namun, kami menghimbau kepada setiap pemilik kendaraan agar bersedia memasang stiker sebagai identitas warga RW 07,” imbuh Toteng.

Jika kewajiban memasang stiker sudah diberlakukan secara penuh, setiap kendaraan milik warga 07 harus dilengkapi stiker GDC-Gardenia. Sebaliknya, kendaraan warga yang tidak dilengkapi stiker ketika masuk ke RW 07 tetap akan diberlakukan sebagai tamu, yakni pemilik kendaraan harus meninggalkan kartu identitas seperti KTP, SIM dan lain-lain di Pos Jaga Satpam. “Kebijakan ini memang terlihat sangat ekstrim, tapi demi menjamin kenyamanan dan kemanan seluruh warga, kebijakan itu tetap akan kami berlakukan,” tegas Toteng.

Untuk satu stiker dihargai Rp. 5000. Menurut Seksi Keamanan RW 07 Ade Maman, hasil penjualan stiker nantinya akan digunakan untuk membeli alat perlengkapan keamanan. Seperti radio (HT) dan lain-lain. Untuk itu, Ade mengharapkan partisipasi seluruh warga RW 07 untuk melengkapi kendaraannya dengan stiker GDC-Gardenia. “Peralatan petugas keamanan di GDC-Gardenia masih sangat kurang. Uang dari hasil penjualan stiker tersebut nantinya akan kami gunakan seluruhnya untuk memenuhi kelengkapan yang diperlukan Satpam,” kata Ade.

Ditempat terpisah, saat ditemui Blogspot Gardenia, petugas security Darma menyatakan menyambut baik rencana penerapan wajib pasang stiker bagi setiap kendaraan bermotor milik warga di RW 07. “Stiker tersebut akan sangat membantu kami dalam melakukan control terhadap setiap kendaraan yang masuk kompleks,” ungkap Darma. [Tim Blogspot]

Foto: Stiker dipasang di salah satu motor warga Gardenia (Atas), dan dipasang di salah satu mobil warga Gardenia, yang gambarnya diambil pada malam hari (Tengah).

1 komentar: